5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar

5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar

Shoutcaster adalah sosok yang bertugas untuk mengomentari berbagai kompetisi esports, baik itu di turnamen minor maupun mayor. Perannya sangat penting untuk memandu penonton dan memaparkan detail-detail penting dalam pertempuran. Terkadang shoutcaster juga menjelaskan beberapa fakta mengenai pertandingan ataupun tim.

Itulah sebabnya shoutcaster menjadi salah satu bidang profesi yang menuntut treatment serius. Lantas, bagaimanakah cara agar Sobat Gamers yang punya keinginan untuk berprofesi di bidang ini bisa menjadi sosok shoutcaster yang ideal?

Clara Mongstar sebagai salah satu komentator esports terbaik saat ini membagikan beberapa pengetahuan mengenai skill dasar shoutcaster. Ini akan jadi modal penting yang akan membantu kalian menekuni profesi ini.

1. Stay Update, Perluas Wawasan

5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar (1)

Modal utama seorang shoutcaster adalah pengetahuan mengenai game dan perkembangannya. Syarat ini tidak bisa ditawar jika Sobat Gamers ingin menjadi shoutcaster yang hebat.

“Enggak boleh ketinggalan, harus khatam sama game-nya” kata Clara.

Baca Juga :  Alur Mayor Turnamen PUBG Mobile 2020 yang Harus Kalian Pahami

Meski game dan esports terlihat remeh dan terkesan sebagai hiburan, tapi nyatanya ada banyak wawasan yang harus digali dan dikuasai dalam bidang ini. Mulai dari update gamepatch terbaru, hingga berita mengenai tim esports menjadi materi penting untuk menambah pengetahuan seorang shoutcaster.

2. Perbanyak Kosakata

5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar (2)

Bahasa Indonesia kaya akan perbendaharaan kata. Clara Mongstar menyatakan bahwa seorang shoutcaster harus memperbanyak kosakata agar bisa berbicara dengan lancar. Ada berbagai cara yang bisa Sobat Gamers lakukan untuk menambah perbendaharaan kata. Bisa dilakukan dengan menonton film atau mendengar siaran podcast.

Bagi kebanyakan orang cara yang paling ampuh adalah membaca buku maupun artikel. Sebab dengan membaca informasi akan terserap lebih cepat. Jadi, Sobat Gamers tinggal memilih mana metode yang paling sesuai untuk kalian.

3. Matengin Materi

5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar (3)

Baca Juga : Kisah Hero Mobile Legends Khaleed Pangeran Pengendali Pasir

Shoutcaster biasanya tak hanya menjadi komentator di satu game saja. Mereka sering tampil di berbagai acara dan turnamen. Penting bagi Sobat Gamers untuk membekali diri dengan informasi penting mengenai acara yang sedang kalian bawa. Jika menjadi shoutcaster dalam satu turnamen, sebaiknya Sobat Gamers memahami siapa tim yang bertanding, latar belakang atau fakta tentang acara maupun tim. Ini akan sangat membantu kalian untuk mengisi acara.

4. Kuasai Intonasi

5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar (4)

Agar tutur kata kalian menjadi lebih menarik dan mudah diterima, Sobat Gamers harus berlatih untuk mengatur intonasi berbicara. Kemampuan ini penting untuk dilatih agar penonton tidak menyalah-artikan informasi yang kalian sampaikan.

Selain itu, intonasi yang baik juga bisa membawa emosi atau hype penonton sehingga pertandingan yang sedang kalian komentari lebih seru dan berkesan. Jangan terpaku dulu pada kecepatan berbicara, namun fokuslah untuk memperbaiki tutur kata dan intonasi.

5. Latihan dan Terus Latihan

5 Skill Dasar Shoutcaster yang Harus Dilatih Menurut Clara Mongstar (5)

Semakin sering berlatih maka akan semakin mahir. Rata-rata shoutcaster, seperti Clara Mongstar mengaku bahwa saat ini dirinya bisa bicara cepat karena terbiasa lewat latihan. Jika Sobat Gamers sudah mulai memperbanyak kosakata dan melatih intonasi, maka langkah selanjutnya adalah berlatih. Padukan dua kemampuan dasar tersebut agar Sobat Gamers bisa berbicara dengan lancar.

“Jangan cepat puas karena kamu harus belajar terus menerus,” ujar Clara Mongstar.

Jika sudah bisa berbicara dengan lancar maka lambat laun kecepatan berbicara kalian juga akan bertambah. Menurut Clara, dari latihan kalian akan terbantu untuk menemukan jati diri dan ciri khas kalian sendiri. Ada berbagai metode latihan yang bisa Sobat Gamers terapkan, mulai dari berlatih di depan cermin hingga menjadi shoutcaster di berbagai turnamen.

Selain melatih skill dasar yang dijelaskan di atas, Clara Mongstar juga menyampaikan bahwa kesehatan dan disiplin sangat penting untuk dijaga oleh shoutcaster. Jika sudah berlatih, shoutcaster yang akan tampil di MPL Season 6 ini menganjurkan kalian untuk unjuk kemampuan di turnamen yang sesungguhnya, walaupun di turnamen kecil.

Clara Mongstar memberikan pesan khusus untuk Sobat Gamers yang bercita-cita menjadi shoutcaster.

Baca Juga :  Cara Aman Mengambil Supply Drop di Game Free Fire

“Jangan malu untuk menunjukkan dirimu.Jalan untuk jadi shoutcaster ada banyak. Ada yang apply ke Event Organizer lewat email, ada yang ikut caster hunt, ada lagi yang casting lewat Youtube, ada juga yang jadi volunteer. Nge-cast sendiri meski enggak dibayar enggak apa-apa, enggak dibayar mahal enggak masalah. Lama-kelamaan orang akan tahu kalian. Percaya saja, kalau kamu punya kualitas, kamu pasti akan berkembang.”

Penonton selalu merasa ada yang kurang jika siaran turnamen tidak diiringi dengan kehadiran shoutcaster. Profesi ini pun kian diminati sebab pengaruhnya sangat besar dalam turnamen. Apakah Sobat Gamers ingin menjadi shoutcaster? Semoga pengetahuan yang dibagikan oleh Clara Mongstar ini berguna ya!

admin

Postingan Terbaru

Read also x