Konflik Perbatasan Memanas, India Blokir PUBG Mobile

Konflik Perbatasan Memanas, India Blokir PUBG Mobile

Tidak stabilnya hubungan India dan China nampaknya akan berdampak ke PUBG Mobile, Rules of Survival serta ratusan aplikasi buatan China lainnya. Pasalnya kementerian informatika India kembali memblokir ratusan aplikasi asal China, termasuk PUBG Mobile.

Memanasnya hubungan kedua negara ini disebabkan oleh konflik di Ladakh, yang merupakan wilayah perbatasan China dan India. Bentrokan militer kembali terjadi antara kedua negara. Pada bulan Juni lalu konflik ini bahkan menewaskan 20 orang tentara India.

Baca Juga :  Kisah Mathilda, Hero Baru Mobile Legends yang Akan Hadir di Advanced Server

Menurut Menteri bidang Teknologi dan Informasi India, pemblokiran ini sesuai rekomendasi Pusat Koordinasi Kejahatan Siber India dan Kementerian Dalam Negeri. Dengan dalih aplikasi-aplikasi tersebut dianggap merugikan dan membahayakan kedaulatan, pertahanan, serta keamanan di India.

PUBG Mobile Guide untuk Pemula_ Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile Erangel

Ini merupakan ketiga kalinya India melakukan pemblokiran terhadap aplikasi asal negeri China. Setelah yang pertama pada bulan Juni, lalu kembali terjadi lagi di bulan Juli, dan akhirnya sekarang. Total ada 224 aplikasi buatan China yang telah diblokir oleh India. Termasuk PUBG Mobile dan MLBB.

Baca Juga :  5 Agen Valorant Ini Diperbaharui pada Update Terbaru 1.0

Selain PUBG Mobile dan MLBB, game populer lain yang juga diblokir antara lain, Arena of Valor, Rules of Survival, Onmyoji Arena, MARVEL Super War, Soul Hunters, LifeAfter, serta masih banyak game populer lainnya.

Pemblokiran ini merupakan bukti bahwa India tidak menganggap remeh agresi yang dilakukan oleh Tiongkok. Sebenarnya kedua negara dirugikan atas pemblokiran ini. India yang sedang dalam kondisi ekonomi terpuruk pasca pandemi akan semakin tertekan perekonomiannya.

Baca Juga :  Gelaran IGC 2020 Tetapkan Enam Juara sebagai Tim Terbaik di Indonesia

China akan kehilangan pasar potensial untuk aplikasi dan ponsel mereka. Berdasarkan data Counterpoint Research, India merupakan pasar ponsel terbesar kedua di dunia setelah China. Selain itu merk ponsel China juga menguasai 72 persen pasar ponsel di India.

Bluehole PUBG Mobile id Instagram

Bahkan pemblokiran ini juga dapat mempengaruhi beberapa ajang esports. Contohnya PMPL Fall Split South Asia yang harusnya digelar bulan ini. Kemungkinan besar ajang ini akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

admin

Postingan Terbaru

Read also x