Masa Depan Dunia Game, Mobile vs Konsol

Masa Depan Dunia Game, Mobile vs Konsol

Perkembangan game mobile beberapa tahun terakhir menyebabkan loncatan besar terhadap kebiasaan kita dalam bermain game. Sementara itu konsol yang dianggap sebagai bentuk yang lebih tradisional termasuk PC dan konsol portabel, mulai menawarkan fitur augmented reality dalam game mereka.

Perkembangan ini mempengaruhi bagaimana kita menikmati game. Sebelumnya kita bermain masing-masing sekarang mereka bermain bersama dan terhubung melalui jaringan internet. Rasa kompetitif ketika bermain bersama ini lah yang menjadi awal dari kejuaraan esports.

Seiring berjalannya waktu kejuaraan esports semakin terstruktur dengan baik dan memiliki regulasi. Kejuaraan ini bisa setara dengan liga olahraga domestik, kecuali untuk kejuaraan esports yang telah dirancang memiliki skala yang akan mengakomodir seluruh dunia.

console

Baca Juga :  Dead Rising Game Kocak Melawan Zombie di Pusat Perbelanjaan

Saat ini terlihat jika game memiliki jangkauan sangat luas, khususnya mobile. Meningkatnya minat terhadap game mobile ini akan sedikit membantu bagi pasar yang lebih kecil. Seperti konsol dan konsol portabel. Masa depan gaming industri terlihat lebih condong ke arah game mobile.

Peningkatan game mobile bahkan tidak melambat sejak pertama kali booming pada 2008. Konsol dan PC pun sebenarnya juga sedang menikmati kebangkitan mereka. Game yang sangat populer seperti Fornite, PUBG, serta Overwatch sukses dipasaran, baik konsol maupun PC.

Mereka juga punya game franchise yang sudah dicintai para penggemarnya, seperti Grand Teft Auto, Call of Dutty, dan Battlefield. Dengan keragaman ini konsol dan PC mungkin dapat bertahan. Faktanya pasar konsol justru mengalami peningkatan sebesar 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

game mobile

Para penikmat game konsol kebanyakan merupakan komunitas yang sudah kuat dan besar. Mereka suka sebuah franchise, mereka akan mengikuti pembaruan ataupun judul baru dari franchise tersebut. Pertumbuhan tahunan sebesar 4 persen merupakan pertumbuhan yang sangat baik.

Namun angka 4% jika dibandingkan dengan pertumbuhan pasar game mobile hanya akan terlihat seperti jalan ditempat.

Lalu apa yang membuat pasar game mobile jauh lebih subur?

Singkatnya game mobile saat ini sudah menjadi sangat besar dari sisi pengguna. Hal ini dikarenakan game mobile hanya memutuhkan sangat sedikit peralatan dan cenderung jauh lebih murah dibandingkan konsol dan PC.

Baca Juga :  PUBG Indonesia Series, Tak Sepopuler Adiknya

mobile-vs-console

Para pengguna hanya membutuhkan handphone dan koneksi internet, mereka sudah langsung bisa menikmati game mereka.

Selain kemudahan akses terhadap game, game mobile juga menawarkan gameplay yang dapat dimainkan oleh segala usia. Inilah yang tidak dimiliki game konsol yang semakin kompleks dan sulit untuk dimainkan.

Di tahun 2018, game mobile berhasil menguasai pasar game dengan 51 persen. Sedangkan konsol dan PC masing – masing mendapatkan 25 dan 24 persen dari pasar game global. Yang terpenting pada 2021 pasar game mobile akan bernilai 106 miliar US Dollar.

admin

Postingan Terbaru

Read also x