Mau Jadi Sarjana Esports? 7 Universitas Ini Punya Jurusannya!

Mau Jadi Sarjana Esports? 7 Universitas Ini Punya Jurusannya!

Deretan Universitas Jurusan Esports dan Cocok bagi Pencinta Game

Perkembangan esports secara global memang cukup pesat. Bukan hanya menjadi sebuah ekosistem para penggemar game, esports juga mulai menjadi bisnis yang menjanjikan. Tidak usah heran, mulai banyak universitas yang memberikan pendidikan khusus esports.

Baca Juga :  [Panduan & Mekanisme] Dota 2: Hero, Map, Item, Skill, Gameplay

Kampus-kampus ini bukan hanya menyediakan ekskul tapi juga mata kuliah secara mendalam bahkan hingga membuka program studi atau prodi khusus. Beberapa universitas bahkan memberikan perkuliahan tentang bisnis esports, bagaimana mereka membangun sebuah tim dan mengakomodasi keinginan penggemar.

Berikut deretan universitas yang cocok bagi kalian yang ingin serius di dunia esports, Sob.

1. University of California-Irvine (Amerika)

UCI-esports

University of California-Irvine (UCI) merupakan universitas umum pertama yang secara resmi memiliki program esports. Bahkan kampus ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Awalnya mereka memberikan beasiswa pada tim League of Legends pada 2016 dan setelahnya dilanjutkan dengan beasiswa untuk tim Overwatch. Mereka juga memberikan program pelatihan mendalam demi melanjutkan inovasi di dunia esports.

2. Staffordshire University (Inggris)

Staffordshire university

Berikutnya ada universitas asal inggris, Staffordshire University. Universitas ini menawarkan gelar BA (Hons) di esports bagi mereka yang lulus perkuliahan selama tiga tahun dengan fokus bisnis dan kultur dalam esports.

Baca Juga :  Apa Itu Discord dan Rekomendasi Discord Dota 2 Indonesia

Para mahasiswa akan belajar bagaimana membangun tim, membangun fanbase, menyelenggarakan event esports, promosi dalam skala besar, dan memasarkan event tersebut secara digital.

3. Robert Morris University (Amerika)

RMU

Robert Morris University merupakan universitas pertama yang memulai langkah pemberian beasiswa kepada atlet esports di Amerika. Mereka mulai melakukannya pada 2014 dengan mengumumkan beasiswa dan mensponsori tim League of Legends. Setelah itu mulai banyak yang mengikuti jejak mereka.

4. Informatics Academy (Singapura)

Informatics-Academy

Negara tetangga kita juga punya loh universitas yang menawarkan program khusus esports. Informatics Academy dari Singapura punya program Diploma untuk esports dan desain game. Kuliah ini sepanjang 8 bulan bagi yang mengambil kuliah reguler dan 12 bulan bagi yang mengambil paruh waktu.

Baca Juga :  Build Item Hero Mobile Legends ala 7 Pro Player MVP di MDL Season 2

Perkuliahan ini memberikan para mahasiswa pengetahuan mendasar dari pengembangan game, game programmingtrend live streaming, dan aspek-aspek dalam ekosistem esports.

5. The Lanxiang Technical School (China)

Lanxiang technical school

Berikutnya dari Negeri Tirai Bambu, ada The Lanxiang Technical School. Kampus ini menawarkan perkuliahan 3 tahun seharga 1.500 Poundsterling atau 29 jutaan rupiah per tahun.

Baca Juga :  Sejarah dan Esports Dota 2 yang Legendaris

Pada tahun pertama, kelas terdiri dari 50 persen gaming dan 50 persen teori. Setelah tahun pertama, para mahasiswa akan dibedakan menurut spesialisasi mereka. Para pemain terbaik akan difokuskan menjadi pemain profesional, sedangkan sisanya akan belajar kemampuan organisasi, promosi, dan kepelatihan.

6. University of Chichester (Inggris)

Chichester

University of Chichester juga menawarkan gelar BA (Hons) Esports. Program kuliah 3 tahun ini mengarahkan mahasiswanya mempelajari esports dari berbagai sudut pandang. Para mahasiswa yang memiliki tujuan menjadi gamers profesional akan mengikuti sesi pengembangan skill lanjutan dan pelajaran strategi serta taktik untuk meningkatkan permainan mereka.

Baca Juga :  Jenis Hero Dota 2: Skill, Role

Setelah menyelesaikan perkuliahan di University of Chichester kalian bisa menjadi gamer profesional, marketingevent management, atau bidang lain di esports.

7. UDINUS (Indonesia)

esport-udinus

Nah, buat Sobat Gamers yang bertanya-tanya, “Gimana dengan Indonesia?” inilah jawabannya. Yap, di negara tercinta kita, juga sudah ada loh kampus yang punya menaruh perhatian terhadap perkembangan esports.

Universitas Dian Nuswantoro menjadi universitas pertama di Indonesia yang punya program esports. Program hasil kerja sama dengan IeSPA Jawa Tengah ini bernama Esports Udinus. Sayangnya, program ini baru sebatas pembinaan setingkat dengan UKM dan belum menjadi jurusan tersendiri seperti beberapa universitas luar negeri yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga :  5 Tim Esports Besar yang Pernah Tersandung Masalah Doping

Selain Singapura dan Indonesia sebenarnya Lyceum of the Philipine University di Filipina juga sedang mempersiapkan jurusan esport. Namun saat ini mereka baru menyediakan beasiswa untuk para atlet esports.

admin

Postingan Terbaru

Read also x