Piala Menpora Esports 2020, Peluang Berprestasi di Masa Pandemi

Piala Menpora Esports 2020, Peluang Berprestasi di Masa Pandemi

Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) akan menyelenggarakan sebuah kejuaraan esports bertajuk Piala Menpora Esports 2020. Dilangsungkannya kejuaraan ini merupakan bentuk keseriusan pihak pemerintah dalam mendukung industri esports tanah air.

Kejuaraan yang digagas oleh KEMENPORA dengan kerja sama Indonesia Esports Premier League (IESPL) ini menargetkan para pelajar dan mahasiswa sebagai pesertanya. Diharapkan dengan digelarnya kejuaraan ini para pelajar dan mahasiswa Indonesia tetap dapat terus berprestasi, terlebih lagi saat ini esports sudah menjadi salah satu cabang olahraga.

PME 3

Harus diakui, badai pandemi memberikan dampak besar ke berbagai lini, salah satunya olahraga. Selama pandemi ini banyak kejuaraan olahraga maupun esports yang diundur, bahkan dibatalkan.

Digelarnya Piala Menpora Esports 2020 memberikan angin segar bagi dunia olahraga, khususnya esports. Kejuaraan ini juga akan memancing semangat berkompetisi dari para pelajar dan mahasiswa yang selama pandemi ini kebanyakan dari mereka menjalani sekolah dari rumah.

Baca Juga : Einheijar Origins Juara PUBGM GoPay Arena Championship

Sebagai informasi, esports merupakan salah satu cabang olahraga yang produktivitasnya ditengarai tidak mengalami penurunan signifikan selama masa pandemi ini. Menurut Asosiasi Game Indonesia justru industri game bertumbuh antara 10-20 persen selama masa pandemi.

Langkah pemerintah dalam menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah untuk membatasi penyebaran Covid-19 tampaknya membuat esports semakin populer di masyarakat. Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah membuat masyarakat menjadikan game sebagai wahana rekreasi mereka.

Hal serupa juga terlihat dalam laporan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF). Masa pandemi justru mengakibatkan melonjaknya traffic internet layanan game online sebesar 61 .PME 2

Indonesia sebagai negara dengan demografi yang besar, memiliki peminat esports yang fantastis. Menurut data IESPL, tahun lalu Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total 62,1 juta pemain aktif.

Hal ini menjadi kepingan indikasi bahwa esports masih tetap populer dan digemari khususnya oleh generasi muda. Hal ini yang ingin dimaksimalkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, untuk mecari bibit-bibit muda berbakat dalam bidang esports khususnya Mobile Legends.

Baca Juga :  The International, Turnamen Bergengsi dengan Prizepool yang Selalu Naik

Agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi, Piala Menpora Esports 2020 akan dilaksanakan penuh secara online. Bagi para peserta, nantinya mereka harus mendaftar sebagai perwakilan institusinya ataupun sekolah, mulai dari SMP, SMK, maupun perguruan tinggi.

Piala Menpora Esports 2020 menargetkan 2.500 tim atau 10.000 peserta akan berpartisipasi pada ajang ini. Pendaftaran telah dibuka mulai 1 Agustus 2020. Antusiasme dari masyarakat sangat besar. Hanya dalam waktu 3 hari pendaftaran, target peserta saat ini sudah terpenuhi sekitar 60 persen.

Pertandingan perdana Piala Menpora Esports akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2020. Acara puncaknya dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yakni 4 Oktober 2020.

admin

Postingan Terbaru

Read also x